RSS
email

0 comments

KEJUJURAN YANG TELAH PUDAR

Published on Minggu, 28 Februari 2010 in

"brp harganya?"
"tergantung jurusan dan tingkatan. kalau jurusan ekonomi management S1 harganya 3.5".

kutipan dialog tersebut saya ambil berdasarkan pengalaman. Belakangan ini kasus jual beli skripsi menjadi sorotan seperti contoh surat kabar harian Kompas, jumat, 19 pebruari 2010 "meraih gelar dengan skripsi pesanan", itu adalah berita yang dimuat pada halaman pertama. Sebenernya praktek jual beli skripsi sudah berlangsung lama dan para konsumennya tidak hanya para mahasiswa tetapi juga ada beberapa dosen yang sedang mengambil S2 dan S3. Kenapa hal ini harus terjadi? inilah yang harus dipertanyakan. saya pernah menanyakan hal ini pada beberapa mahasiswa secara random dari berbagai universitas baik yang negeri maupun swasta. Jawabannya beragam ada yang bilang "hal ini wajar kok kan kita baru pertama kali buat skripsi jadi butuh referensi", kalau jawabannya seperti itu ada benarnya juga. Kalau cuma lihat bagaimana urutan penulisannya, saya rasa wajar tapi kalau dilihat terus dijiplak seutuhnya inilah yang tidak boleh. Menjiplak sama saja dengan pembodohan, orang lebih bangga dengan hasil karya orang lain, menjiplak dapat mematikan jiwa kreatif seseorang. Kalau seperti ini penjiplakan sudah berada pada jiwa setiap individu,saat ini kuliah hanya ingin mencari "gelar", ingat bukan "gelar tikar".

0 comments

PERKEMBANGAN WEB

Published on in

Perkembangan website dari waktu ke waktu ( web 1.0,2.0 dan 3.0.)



Perkembnagan teknologi dari waktu ke waktu semakin pesat, dan tidak terbendung setiap hari pasti ada saja produk teknologi yang bermunculan tidakterkecuali teknologi website.
Secara khusus tidak ada ilmu yang mempelajari penklasifikasian website, namun beberapa praktisi di bidang teknologi website maupun teknologi informasi membagi bagi jenis website berdasarkan teknologi dan cara penggunaannya menjadi web 1.0, 2.0 dan 3.0.

Web 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi awal dari sebuah website, teknologi ini masih statis dimana antara pembuat website dan penikmat website hanya tejadi komunikasi 1 arah dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan peikmat hanya sebagai pembaca, ya layaknya seperti membaca Koran bedanya ini membaca lewat computer, aktifitas ini hanya sebatas searching.
Halaman pada web ini masih terkesan “hampa” bahasa yang digunakan juga masih bahasa HTML saja.

Web 2.0
Era Web 2.0 akhirnya datang sekitar tahun 2003 atau 2004, para pengguna website-pun mulai dimanjakan dengan berbagai fasilitas, kita bisa berkomunikasi 2 arah, tidak hanya dengan webmaster namun dengna orang lain dei belahan dunia yang lain, kita dapat membuat suatu komunitas tanpa harus bertemu secara fisik, informs semakin mudah didapat dengan halaman web yang menarik, sehingga kita tidak bosan dan masih banayak lagi
Menurut O’Reilly media, ada beberapa karakteristik dari web 2.0, yaitu :
The Web as Platform
Website dalam aplikasi web 2.0 kini adalah platform, jadi kita dapat mengerjakan semuanya dengan menggunakan media internet, biasanya kita menggunkan media deskstop untuk mengerjakan penulisan, penghitungan maupun presntasi namun kita dapat langsung mengrjaaknnya melalui internet jadi tidak usah lewat windows lagi, bisa langsung dipkai tanpa harus lama menginstall.

Harnessing Collective Intelligence
Wah ini menarik, maksud dari pernyataan diatas web 2.0 memiliki keinerja yang unik dia memanfaatkan orang tulisan orang untuk mengisi kontennya secara kolektif, jadi udah ga jaman webmaster mengisi sendiri konten webnya, contohnya seperti youtube.com, youtube hanya sebagai media tetapi yang mengisi video yang ada di dalamnya ya orang lain yang inget mempublikasi film atau video yang dinilikinya, wah ternyata begitu tho ??

Data is the Next Intel Inside
Slogan “Intel Inside" telah melambungkan nama prosesor Intel di kalangan pengguna komputer. Trademark tersebut telah menjadi suatu garansi kepercayaan dari pengguna akan kemampuan komputer yang akan ataupun sudah dibelinya.
Nah, hal ini juga yang dipraktekan para penyuplai data kepada para pemilik website untuk memberikan garansi kepercayaan, jadi pada era web 2.0 data sangatlah penting dan harus di update setiap waktu.

End of the Software Release Cycle
Nah lho, para pembuat software harus merubah cara penjualan nih, soalnya di era web 2.0 kalau mau pakai software ga usaha capek capek menginstall, sekarang aolikasi sudah dapat digunakan langsung, sekaran jamanya software tidak dijual “bungkusan” lagi tapi sudah jdi layanan di internet soalnya swebsite sudah dapat menjadi platform untuk menjalankan program, kalau dulu software keluar tiap 3 blan sekali sekarang jamannya software keluar tiap hari alias selalu di update setiap waktu jadi produsen yang lambat akan ketinggalan soalnya software software aplikasi sudah jadi layanan di internet.

Lightweight Programming Models
Kalau yang ini maksudnya web 2.0 pembuatannya menggunakan bahas ayang “ringan”, jadi suatu aplikasi bisa kita buat jadi aplikasi baru, seperti google map bisa dibuat untuk program aplikasi HousingMap.

Ya seperti itu kira – kira gambaran dari web 2.0, hebat kan ? hehehe... tapi tnggu dulu ternyata web masih berkembang lagi jadi web 3.0 ( hohoho... apalagi neh ?) menurut perkiraan para pengamat internet katanya sih web 3.0 akan berkembang website 2010-2020 mendatang,namun katanya sudah ada yang mulai memangun website dengan konsep web 3.0, penasaran kan ? ayo kita bahas !

Web 3.0
Tadi kita sudah dipukau oleh penampilan web 2.0 dengan lagu yang berjudul “The Web as Platform”, “Hernessing collective intelligence”, “Data is the next intel inside”, “End of the software release cycle”, dan “Lightweight Programming models”, kini kita akan dipukau oleh web 3.0.
Kalau dilihat dari sejarahnya saya bingung sebenrnya siapa yang emunculkan ide pertama kali soalnya saya dapet informasi kalau Tim burners-lee yang pertama kali mencetukan ide pada tahun 2001 tapi ada lagi yang mengklaim Jhon Markoff yang pertama kali memunculkan ide pada tahun 2006, mana yang bene kita gau asah pusing, soalnya kit age butuh siapa yang menciptakan tapi kita butuh sesuatu yang mereka ciptakan heheheh... ( Kaya prinsip orang kita yang bajakan atau yang asli sama – sama bisa dipakai hehehehe... )
Belum ditemukan definisi yang jelas dari web 3.0 ( ya yang jelas lebih baik dari 2.0 bener ga ? ), saya mengutip beberapa karakteristik dari web 3.0 dari PC magazine dan Sramana yaitu :
Menurut PC magazine karakteristik dari web 3.0 adalah :
Semantic Web. Sebuah web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membacanya. Satu informasi yang dibutuhkan oleh manusia dapat dengan mudah tersajikan dengan korelasi informasi yang tepat dan cepat.
The 3D Web. Nuansa Web semakin menarik dengan adanya kemampuan visual 3D. Tanpa harus meninggalkan rumah maka kita dapat mengunjungi berbagai tempat di dunia lain secara virtual dengan kemampuan akses data dan interaksi secara realtime.
The Media-Centric Web. Keyword bukan lagi satu-satunya cara untuk mendapatkan informasi yang dituju. Photo, audio, video akan menjadi cara lain untuk mencari informasi yang kita inginkan. .
The Pervasive Web. Web akan dengan mudah diakses dengan berbagai cara dan alat berbeda. Intinya everywhere, anytime dapat akses web. Sementara kemudahan koneksi akan semakin berkembang, berbagai alat-alat elektronika akan mendukung upaya kemudahan koneksi internet. Maka koneksi internet tidak hanya sebatas di kantor, kampus saja, bahkan di kereta, bis,pasar, kamar tidur dll.
Sedangakan menurut Sramana web 3.0 dapat di formulasikan sebagai berikut :
Web 3.0 = (4C + P + VS)
dimana :

4 C : Content, Commerce, Community, Context
P : Personality
VS : Virtual Search
Dengan formulasi tersebut, maka Web 3.0 adalah : a personal assistant who knows practically everything about you and can access all the information on the Internet to answer any question.

Teknologi web generasi ketiga ini merupakan perkembangan lebih maju dari Web 2.0 dimana disini web seolah-olah sudah seperti kehidupan di alam nyata. Pada generasi web 3.0 sudah seperti asisten pribadi kita. Web mulai mengerti kebutuhan kita dengan bisa memberi saran atau nasehat kita, menyediakan apa yang kita butuhkan.

Web ini dapat menggunakan teknologi 3D animasi, kita bisa membuat profil avatar yang sesuai dengan karakter, kemudian melakukan aktivitas di dunia maya seperti layaknya di dunia nyata. Kita bisa berjalan-jalan, pergi ke mall, bercakap-cakap dengan teman yang lain. Ya, Web 3.0 adalah dunia virtual kita.
Secara umum web 3.0 ini terdiri dari :
Web semantik
Format mikro
Pencarian dalam bahasa pengguna
Penyimpanan data dalam jumlah besar
Pembelajaran lewat mesin
Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan buatan Web

0 comments

PERKEMBANGAN INTERNET

Published on in


Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).

Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.

Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.
Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.

Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.

0 comments

Penjiplakan, Puncak Gunung Es

Published on Jumat, 26 Februari 2010 in

"berapa IPK nya?". pertanyaan seperti itu yang sering ditanyakan kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi. Kalau kia pernah membaca iklan lowongan pekerjaan, biasanya di iklan tersebut tercantum IPK minimal 3.25. IPK menjadi tolak ukur dari intelligence seorang lulusan universitas. Saya kan menceritakan 2 kisah nyata, cerita pertama berasal dari paman saya. paman saya adalah lulusan SMEA yang telah bekerja disalah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, dia pernah bilang ke saya seperti ini "dek kamu tau ga, tadi ada 10 pegawai baru yang lagi training. Om bingung deh mereka semua S1 tapi pas disuruh bikin laporan keuangan bulanan dan neraca keuangan semua pada salah. Malu-maluin deh kalah sama om yang cuma lulusan SMEA. kisah yang kedua berasal dari teman kantor ayah saya. Teman ayah saya ini cuma lulusan STM tapi dia mahir sekali dalam membuat program, saya saja minder karena saya kuliah di jurusan IT tapi tidak semahir beliau. Beliau dipercaya menjadi tenaga ahli untuk melakukan training terhadap pegawai jika perusahaan menggunakan aplikasi baru.Jika dilihat dari dua kisah nyata ini, pernyataan seperti "IPK DIA 3.5 PASTINYA DIA PINTAR" menjadi tidak berlaku.Seperti contoh kasus yang diangkat di Kompas,Jumat,19 Pebruari 2010 kejujuran semakin memudar,para mahasiswa dan dosen yang sedang menyelesaikan tugas skripsi, banyak diantara mereka yang melakukan pinjiplakan. perbuatan mereka telah mencoreng martabat pendidkan di Indonesia dan membuat pandangan dunia tenang lulusan dari Indonesia tidak bermutu. Mengapa ini terjadi?mungkinkah dunia pendidikan di Indonesia harus selalu kalah dari negara tetangga. Cobalah tanamkan prinsip "AKU BANGGA TERHADAP HASIL KARYAKU WALAUPUN KURANG SEMPURNA". Kenapa harus menjiplak?apakah akal pikiran yang kasih tuhan kurang cukup?atau memang dasar manusianya saja yang tidak mau berusaha. Jika seperti ini bisa disimpulkan YANG DICARI HANYA GELAR SAJA, BUKAN ILMUNYA.

0 comments

PERBAIKAN HARUS DILAKUKAN

Published on in

Tulisan ini bukan untuk menjelekkan nama sebuah lembaga pendidikan. Tulsan ini saya buat sebagai ungkapan kebimbangan yang selama ini ada di pikiran saya. Saya mendapatkan pertanyaan dari saudara sepupu saya yang bersekolah di Singapura, Malaysia, dan Australia seperti ini pertanyaannya “kuliahnya jurusan apa”, saya menjawabnya “Tenik informatika”. Terus dia tanyakan lagi sebuah pertanyaan ke saya seperti ini “bahsa pemrograman yang di pelajari apa?”, saya menjawabnya “semester satu Quick basic&visual baic, semester dua pascal,semester tiga pascal & java”. Mendengar jawaban saya mereka bertiga terkejut dan bertanya “itu semua dipelajari?sampai tahap apa?”, saya menjawab “dipelajarinya Cuma sampai tahap perkenalan”. Menurut mereka bertiga, hal ini aneh karena di kampus mereka bahasa pemrograman Cuma satu yang diajarkan dan itu sampai tahap advanced, mereka bilang “kalau bahasa pemrograman yang dipelajari banyak,terus Cuma sampai tahap perkenalan. Percuma saja buang-buang waktu, lebih baik pilih satu tapi benar-benar dikuasai”. Sempat terpikirkan oleh saya bahwa ucapan mereka ada benarnya juga, coba saja belajar di kampus saya pasti bingung karena bahasa pemrograman yang dipelajari banyak tapi Cuma sampai level introduce. Saya jadi bertanya-tanya apakah kampus di Indonesia semua seperti itu atau Cuma kampus saya saja? Ada beberapa hal lagi yang saya ingin ceritakan. Ini hanya pendapat saya kalau ada yang tidak setuju silakan, saya tidak tersinggung. Saya pernah bertanya kepada beberapa teman kampus saya secara random dari 5 kelas yang ada, seperti ini pertanyaannya “sudah 2 tahun di IT dah bisa buat program apa saja?”, jawabannya sangat beragam,seperti dibawah ini :

• Bagaimana bisa buat program, dari semua bahasa pemrograman yang di ajarkan

tidak ada satupun yang gw ngerti.

• Kayaknya gw salah masuk jurusan nih, gw pikir IT bermain di hardware.

• Kata orang IT itu masa depannya bagus jadi gw ikutan aja.

• Bagaimana lagi, satu-satunya universitas yang masih buka pada saat semua

universitas sudah tutup. Jadinya gw daftar aja dari pada ga kuliah.

• Gw ga menyangka IT belajar bahasa pemrograman. Menurut gw ini mirip bahasa
alien.
• Bagaimana mau paham bahasa pmrograman, baru bisa sedikit ternyata semester
berikutnya tidak di perlajari

Itulah beberapa jawaban yang saya dapatkan. Kalau sudah seperti ini saya menyimpulkan adanya miss comunication dan kurangnya sosialisasi terhadap semua jurusan yang tersedia di suatu lembaga pendidikan dalam hal ini khususnya perguruan tinggi.Perguruan tinggi harus melakukan pembaharuan terhadap kurikulum yang mereka terapkan

0 comments

PENGGUNAAN INTERNET

Published on in

"Dah ga perlu susah-susah tanya aja sama mbah GOOGLE", itu adalah suatu kutipan yang saya ambil dari saran dari seorang teman. " coba kalian cari informasinya di internet, tinggal searching saja", kalau ini adalah kutipan yang saya ambil dari seorang guru SMA yang ditujukan untuk murid-muridnya yang sedang mencari informasi perguruan tinggi. Jika dilihat dari dua kutipan diatas,internet berfungsi sebagai pusat informasi yang dibutuhkan. Murid-murid SMA yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke perguruan tinggi, dapat memperoleh informasi tentang perguruan tinggi yang mereka kehendaki seperti mencari informasi kapan dilaksanakan pendaftaran mahasiswa baru. Untuk masyarakat luas yang ingin mengetahui berita terkini, mereka juga dapat memanfaatkan internet untuk mencari informasi. Selain berperan dibidang education, internet bisa diandalkan di bidang entertainment seperti mencari video,klip music, berita selebritis, dan situs-situs pertemanan. Tapi dengan banyaknya kegunaan internet, hati-hati jangan sampai lupa waktu. Banyak oramg tua yang mengeluh tentang anak mereka yang lebih suka berjam-jam menghabiskan waktu untuk berinternet dari pada mengerjakan PR. Saya pernah menanyakan kepada anak SD tentang hal “seberapa lama kalian menggunakan internet ?” anak itu menjawab “pulang sekolah dari jam 1-5, kalau libur bisa dari pagi sampai jam 12 malam”. Kalau aku pribadi, menggunakan internet tidak berlangsung lama jika sudah ketemu yang dibutuhkan, aku akan menonaktifkan internet. Satu hal yang perlu diketahui, aku tipe orang yang tidak terlalu mementingkan update status di Facebook, twitter, atau sebagainya. “Please dh jangan lebay” kalimat itu cukup mewakili pendapat aku untuk semua pengguna situs pertemanan yang sedikit-sedikit update status, putusan sama pacar diupdate statusnya, berantem sama teman juga diupdate statusnya. Hal ini saya temukan pada setiap orang di Indonesia dimulai dari anak-anak SD sampai orang tua. Coba kalian lebih bijak lagi dalam menggunakan internet, jangan cuma update status saja, kalian harusnya berpikir bagaimana cara membuat suatu search engine. Kenapa harus bangsa asing yang bisa menciptakan search engine dan facebook kemana anak bangsa kita. Apakah mereka tidak mampu untuk membuatnya?. Atau ada sebagian dari mereka yang sebenarnya bisa tetapi mereka sudah direkrut sama perusahan asing kemudian mereka bekerja untuk bangsa asing dan tidak berusaha membangun Indonesia. Memang benar hidup butuh materi ”uang”.

0 comments

PENGGUNAAN INTERNET

Published on Kamis, 25 Februari 2010 in

"Dah ga perlu susah-susah tanya aja sama mbah GOOGLE", itu adalah suatu kutipan yang saya ambil dari saran dari seorang teman. " coba kalian cari informasinya di internet, tinggal searching saja", kalau ini adalah kutipan yang saya ambil dari seorang guru SMA yang ditujukan untuk murid-muridnya yang sedang mencari informasi perguruan tinggi. Jika dilihat dari dua kutipan diatas,internet berfungsi sebagai pusat informasi yang dibutuhkan.

0 comments

ISTILAH PADA SISTEM BERKAS

Published on Selasa, 23 Februari 2010 in

Sistem berkas
ialah suatu system untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan data dari file tertentu dan organisasi file yang digunakan
Sistem Akses

ialah cara untuk mengambil informasi dari suatu file
Insert
ialah menyisipkan data baru atau tambahan ke dalam tumpukan data lama
Up-date ialah mengubah data lama dengan data baru, perubahan ini bias sebagian atau keseluruhan
Reorganisasi
ialah penyusunan kembali record-record dari suatu file (untuk jumlah data tetap)
Istilah-sitilah dasar yang digunakan
Elemen Data
ialah salah satu nilai tunggal dengan satu petunjuk nama dan deskripsi karakteristik seperti tipe (char, nomor, kode) dan panjang karakter atau digit
Entitas
ialah suatu obyek yang dapat dibedakan dari lainnya. Obyek disini dapat berupa barang atau peristiwa
Field
ialah lokasi penyimpana untuk sala satu elemen data. Field berisi sekumpulan karakter. Field juga bias disebut item
Contoh : ruang penyimpanan untuk idenstifikasi nomor siswa
File

ialah sekumpulan record dari tipe tunggal yang berisi elemen-elemen data yang menggambarkan himpunan entitas
Contoh : file siswa yang berisi satu record untuk tiap siswa dalam system
Access Data
ialah suatu dimana suatu program mengakses secara fisik record-record dalam file penyimpanan
Contoh : Entitas gaji, entitas nomor telo, entitas nilai ujian
Atribut

ialah karakteristik yang menjadi ciri dari entitas
Contoh : Entitas gaji pegawai, terdiri dari atribut : NIP, Nama, Jam lembur, Tunjangan gaji pokok
Item data
Tempat penyimpanan setiap atribut dari sebuah entitas
Contoh : item data untuk nama mahasiswa, item data untuk NPM, item itu blas disebut fiel, tetapi lebih tepat dipakai untuk menunjukkan tempat dimana item data disimpan.
Item data elementer
bagian lebih kecil dari item data
Contoh : item data tunggal dapat dibagi menjadi item data elementer tanggal bulan dan tahun, item nama dapat dibagi menjadi nama depan, nama belakang, nama panggilan



Record
Kumpulan item data yang saling berhubungan Klasifikasi data terdiri 3 kelompok
kelompok data tetap adalah kelompok data yang tidak mengalami perubahan paling tidak dalam kurun waktu yang lama
contoh : data mahasiswa

Kelompok data tak tetap
adalah kelompok data yang secara rutin mengalami perubahancontoh : Data kartu rencana studi tiap semesternya berubah

kelompok data yang bertambah menurut waktu merupakan data akumulasi dari kelompok data tetap dan kelompok data tak tetap
contoh : transkrip nilai

Klasifikasi berkas
master file merupakan jenis berkas paling penting, terdiri dari field yang isinya relative tetap
1) reference master file berisi record yang tak berubah/jarang berubah
contoh : Berkas pelanggan yang berisi field : nomor rekening, nama, dan alamat
2) Dynamic master file berisi record yang terus menerus berubah dalam kurun waktu tertentu. Berubah secara berkala/berdasarkan suatu peristiwa transaksi
Contoh : Berkas stok barang

Transaction file disebut juga berkas transfer yang berisi record-record yang akan memperbaharui/mengupdate record-record yang ada pada berkas induk dapat berupa penambah record atau penghapusan.
Contoh : Daftar mahasiswa masuk dan keluar baik lulus maupun drop out

Report file berkas yang berisi record-record yang disusun sedemikian rupa sehingga memudahkan sepemakai mendapatkan informasi berkas tersebut
contoh : rapor ulangan siswa

Work file berisi record-record yang diperlukan sementara dari berkas ini dapat di buat program yang dipakai sebagai program lain sebagai input
Contoh : penyotiran barang

Program file berisi perintah-perintah untuk memproses data
Contoh : program penggajian karyawan, program penilaian siswa

Dump file
berkas ini dipakai tujuan keamanan mencatat tentang kegiatan pengupdate, sekumpulan trasaksi yang telah diproses atau sebuah program yang mengalami kekliruan
Contoh : back up data


Library file berkas ini dipakai untuk penyimpanan program aplikasi atau utilitas yang lainnya.

History file
berkas ini merupakan akumulai dai hasil pemprosesan berkas induk dan pemprosesan berkas transaksi terus berkembang seiring dengan kegiatan yang terjadi

Ada 2 jenis alat penyimpanan
1. Primary memory/main memory
- Primary memory disimpan pada primary store
- Identik dengan internal memori
Ada 4 bagian di dalam primary store
1) Input store area adalah menampung data yang di baca
2) Program store area adalah untuk menyimpan struktu dan untuk pengolahan data
3) Working store area adalah tempat pemprosesan data
4) Output store area adalah penyimpana informasi yang telah di olah dalam primary
key terdapat 65536 address untuk personal computer mulai address 0000 s.d.
65536

berdasarkan hilangnya/tidaknya berkas kita mengenal dua jenis penyimpanan

1) Volatile yaitu berkas data/program akan hilang bila listrik di padamkan
2) No volatile yaitu berkas data/program akan hilang meskipun listrik padam
Primary store terdiri dari
- Ram cip yang bersifat volatile, primary stori juga volatile stori
- Volatile sendiri ada 2 jenis
1) serial/access storage device sequential
contoh : magnetic tape, punchen card
2) Direct
Contoh : Disk magnetic, floppy disk

Beberapa pertimbangan dalam memilih penyimpanan data
- cara penyusunan data
- kapasitas penyimpanan
- waktu access
- kecepatan transfer data
- persyaratan pemeliharaan
- persyaratan lingkungan
- reliabilitasi
- standarisasi
- harga





o Magnetik tape adalah alat menyimpan data untuk berkas besar yang diakses dan di proses secara sequential data di simpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastic yang di lapisi besi oksida atau peroksida pada satu sisi dari magnetic


Ø Keuntungan menggunakan magnetic tape
• panjang recored tak terbatas
• densitas data tinggi
• harga murah
• kecepatan transfer data tinggi
Ø keterbatasan menggunakan magnetic tape
• access langsung terhadap record lambat
• memerlukan penafsiran pada mesin
• masalah lingkungan

Operasi File Berkas
File adalah kumpulan sejumlah kompenen yang bertipe data sama, yang jumlahnya tidak tertentu
File Tekx ialah file yang berisi data karakter. Dapat diakses secara sequential saja.
File bertipe ialah jenis file dengan tipe komponennya didefinisikan oleh pemprogram

Organisasi berkas dengan banyak Key
Teknik untuk memberikan hubungan antara sebuah indek dan data record dari berkas ada dua

Inversion
Organisasi inverter file ialah suatu pendekatan dasar untuk memberikan hubungan antara sebuah indek dan data record dari file à inverse
Sebuah key pada indek inverse mempunyai semua nilai key dimana masing-masing nilai key mempunyai penunjuk ke record yang bersangkutan à inverted file
Sebuah indek inverse dapat dibuat bersama sebuah relative file atau sebuah indek

sequential
Primary key à key yang dipakai untuk menentukan struktur storage dari file
Secondary key à key yang lainnya

Completely inverted ialah file yang mempunyai inverse untuk setiap data field

Inverted file ialah file yang bukan completely inverted tapi paling sedikit mempunyai satu indek inverse






2. Multi_list
Organisasi multi-list file ialah kebalikan organisasi inverter file
Pengenalan control input / output
Definisi dan persyaratan control I/O
Sebuah system control I/O bertujuan untuk memberikan bantuan kepada user untuk memungkinkan mereka mengakses berkas.
Tugas dari system control I/O adalah :
- Memelihara directori dari berkas dan lokasi informasi
- Menentukan jalan bagi aliran data antara main memory dan alat penyimpanan
sekunder
- Mengkoordinasi komunikasi antara CPU dan alat penyimpanan sekunder
- Menyiapkan berkas penggunaan input atau output
- Mengatur berkas, bila penggunaan input atau output telah selesai

Direktori berkas & control informasi
Sebelum berkas dapat diakses oleh sebuah program, system operasi harus mengetahui pada alat penyimpanan sekunder dimana berkas tersebut berada
Aktifitas I/O terutama mencakup perpindahan data antara main memory dengan alat penyimpanan sekunder atau alat I/O seperti printer, terminal dan card reader, operasi I/O memerlukan dukungan control alat secara mendetail
Chanel program ialah berfungsi menentukan operasi yang diperlukan akses
peralatan dan mengontrol alur data

Macam-macam Chanel
Selector Chanel ialah mengatur aliran data antara memori utama dengan sebuah peralatan pada saat tersebut. Bekerja dengan kecepatan tinggi seperti disk. Atau bekerja dengan kecepatan rendah seperti card reader.
Multieplexor Chanel mengatur aliran data antara memori utama dengan beberapa peralatan, saluran multiplexor lebih efektif bila menggunakan peralatan dengan kecepatan rendah

Blok Multiplexor mengatur aliran data ke berbagai peralatan blok multiplexor chanel dapat mengakses satu intruksi dari saluran program untuk satu peralatan, kemudian dapat mengaktifkan intruksi-intruksi dari saluran program itu keperalatan lain

Macam-macam Device
- Dedicated Device digunakan untuk pengaksesan oleh satu orang pada setiap saat. Contoh : Terminal, bersifat tidak komplek
- Shared Device digunakan untuk pengaksesan oleh banyak pemakai secara bersamaan. Contoh : Disk, bersifat kompleks

 

Friends

offsetWidth); }