RSS
email

Grafik Komputer

LAPORAN AKHIR

Mata Praktikum : GrafKom

Kelas : 3IA14

Praktikum ke- : 1 (Satu)

Tanggal : 13 November 2010

Materi : Grafik Komputer

NPM : 50408286

Nama : Dini Fitriyanti

Ketua Asisten : Yudhi

Nama Asisten :

Paraf Asisten :

Laboratorium Informatika

Universitas Gunadarma

2010

Membuat grafik komputer dengan bahasa C :

#include

#include

#include

#include

#include

int mulaimodegrafik ( const char* pBGIPath)

{

int GraphicDriver;

int GraphicMode;

detectgraph (&GraphicDriver, &GraphicMode );

initgraph (&GraphicDriver, &GraphicMode,pBGIPath );

return graphresult();

}

void tutupmodegrafik()

{

closegraph();

}

int main()

{

int a;

mulaimodegrafik("..\\BGI\\");

for (a=1;a<=100;a++)

{

putpixel(100-a/2,50+a/2,15);

putpixel(100+a/2,50+a/2,15);

putpixel(50+a,100,15);

putpixel(50,100+a,15);

putpixel(50+a,200,15);

putpixel(150,100+a,15);

putpixel(100+a*2,50,15);

putpixel(150+a*2-50,100,15);

putpixel(300,50+a*2-a/2,15);

putpixel(150+a*2-50,200,15);

putpixel(50-a,200+a*4,15);

putpixel(150-a,200+a*4,15);

delay(50);

}

getch();

tutupmodegrafik();

return 0;

}

LOGIKA PROGRAM Grafik Komputer :

Pada dasarnya untuk membuat grafik komputer selalu diselimuti dengan kerangka program yang sama. Yang berbeda hanya pada fungsi utama (int main) yaitu tempat dimana kita menuliskan program dari bentuk gambar atau grafik yang kita inginkan.

Dimulai dengan #include, header yang wajib dipakai jika kita ingin membuat grafik, conio dan stdio untuk menampung perintah – perintah yang kita gunakan, math untuk operasi matematika.

Lalu fungsi mulaimodegrafik yang memiliki nilai berupa konstanta, berisi pendeklarasian var GraphicDriver dan GraphicMode, fungsi detectgraph untuk mendeteksi pembuatan grafik yang memiliki nilai kutub x dan y. Juga pBGIPath untuk pengaturan warna grafik. Dan return graphresult untuk mencari grafik selanjutnya.

Untuk menutup atau menyelesaikan berjalannya program dideklarasikan fungsi tutupmodegrafik yang berisi pemanggilan fungsi closegraph (tutup grafik).

Dalam fungsi utama, program akan memanggil semua fungsi yang telah dibuat di atas. Fungsi utama ini tidak memiliki nilai atau kosong. Pertama adalah mulaimodegrafik , disinilah kita akan menulis program pembuatan gambar kita. Kecuali untuk program yang dibuat dalam void seperti lingkaran, berarti cukup dipanggil saja void itu. Karena kita tidak hanya membuat titik saja maka diperlukan pengulangan untuk efisiensi program. Didahului dengan pendeklarasian var a, lalu penginputan titik – titik atau pixel yang diinginkan dengan perintah putpixel. Putpixel(50+a,200,15) berarti putpixel(x,y,warna) jadi titik x dimulai dari 50 dan berjumlah = a yaitu 100. dan y dimulai dari titik 200 dan warna graf atau garis ini adalah putih (kode 15). Bisa juga memakai warna lain seperti 1 (biru), 20 (merah), 50 (hijau), 53 (pink), dll.

Setelah for berhenti mengulang maka jika user meng-enter, output akan kembali ke program karena telah dipanggil fungsi tutupmodegrafik. Untuk catatan, bahwa saat user me-running program ini maka dibutuhkan resolusi layar penuh (full screen) untuk menampilkan outputnya. Yang terakhir adalah return 0 karena variabel yang dipakai bernilai integer maka ada pembalikan nilai.

OUTPUT :




Bookmark and Share

1 komentar:

Diny Fahmila mengatakan...

Kita juga mempunyai jurnal mengenai Grafik Komputer, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya: http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3166/1/IMG_0006.pdf
Semoga bermanfaat!

1 comments

Grafik Komputer

Published on Jumat, 19 November 2010 in

LAPORAN AKHIR

Mata Praktikum : GrafKom

Kelas : 3IA14

Praktikum ke- : 1 (Satu)

Tanggal : 13 November 2010

Materi : Grafik Komputer

NPM : 50408286

Nama : Dini Fitriyanti

Ketua Asisten : Yudhi

Nama Asisten :

Paraf Asisten :

Laboratorium Informatika

Universitas Gunadarma

2010

Membuat grafik komputer dengan bahasa C :

#include

#include

#include

#include

#include

int mulaimodegrafik ( const char* pBGIPath)

{

int GraphicDriver;

int GraphicMode;

detectgraph (&GraphicDriver, &GraphicMode );

initgraph (&GraphicDriver, &GraphicMode,pBGIPath );

return graphresult();

}

void tutupmodegrafik()

{

closegraph();

}

int main()

{

int a;

mulaimodegrafik("..\\BGI\\");

for (a=1;a<=100;a++)

{

putpixel(100-a/2,50+a/2,15);

putpixel(100+a/2,50+a/2,15);

putpixel(50+a,100,15);

putpixel(50,100+a,15);

putpixel(50+a,200,15);

putpixel(150,100+a,15);

putpixel(100+a*2,50,15);

putpixel(150+a*2-50,100,15);

putpixel(300,50+a*2-a/2,15);

putpixel(150+a*2-50,200,15);

putpixel(50-a,200+a*4,15);

putpixel(150-a,200+a*4,15);

delay(50);

}

getch();

tutupmodegrafik();

return 0;

}

LOGIKA PROGRAM Grafik Komputer :

Pada dasarnya untuk membuat grafik komputer selalu diselimuti dengan kerangka program yang sama. Yang berbeda hanya pada fungsi utama (int main) yaitu tempat dimana kita menuliskan program dari bentuk gambar atau grafik yang kita inginkan.

Dimulai dengan #include, header yang wajib dipakai jika kita ingin membuat grafik, conio dan stdio untuk menampung perintah – perintah yang kita gunakan, math untuk operasi matematika.

Lalu fungsi mulaimodegrafik yang memiliki nilai berupa konstanta, berisi pendeklarasian var GraphicDriver dan GraphicMode, fungsi detectgraph untuk mendeteksi pembuatan grafik yang memiliki nilai kutub x dan y. Juga pBGIPath untuk pengaturan warna grafik. Dan return graphresult untuk mencari grafik selanjutnya.

Untuk menutup atau menyelesaikan berjalannya program dideklarasikan fungsi tutupmodegrafik yang berisi pemanggilan fungsi closegraph (tutup grafik).

Dalam fungsi utama, program akan memanggil semua fungsi yang telah dibuat di atas. Fungsi utama ini tidak memiliki nilai atau kosong. Pertama adalah mulaimodegrafik , disinilah kita akan menulis program pembuatan gambar kita. Kecuali untuk program yang dibuat dalam void seperti lingkaran, berarti cukup dipanggil saja void itu. Karena kita tidak hanya membuat titik saja maka diperlukan pengulangan untuk efisiensi program. Didahului dengan pendeklarasian var a, lalu penginputan titik – titik atau pixel yang diinginkan dengan perintah putpixel. Putpixel(50+a,200,15) berarti putpixel(x,y,warna) jadi titik x dimulai dari 50 dan berjumlah = a yaitu 100. dan y dimulai dari titik 200 dan warna graf atau garis ini adalah putih (kode 15). Bisa juga memakai warna lain seperti 1 (biru), 20 (merah), 50 (hijau), 53 (pink), dll.

Setelah for berhenti mengulang maka jika user meng-enter, output akan kembali ke program karena telah dipanggil fungsi tutupmodegrafik. Untuk catatan, bahwa saat user me-running program ini maka dibutuhkan resolusi layar penuh (full screen) untuk menampilkan outputnya. Yang terakhir adalah return 0 karena variabel yang dipakai bernilai integer maka ada pembalikan nilai.

OUTPUT :



Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

1 Response to Grafik Komputer

25 Februari 2013 07.42

Kita juga mempunyai jurnal mengenai Grafik Komputer, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya: http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3166/1/IMG_0006.pdf
Semoga bermanfaat!

 
offsetWidth); }