Ogre 3D hanya sebagai perender hasil nya. Sedangkan koding dan memetakan objek nya kita butuh bantuan seperti Visual C++ , 3D Max dan converter mesh nya.
Kali ini saya akan mencoba membuat GAME MENJATUHKAN DADU DENGAN BOLA.
Cara membuat :
1. Install 3D Max 2008 dulu.
2. Install Converter 3D to mesh
yaitu software perubah dari .max, .3ds dan lain-lain menjadi .mesh
jika tidak punya, dapat didownload disini
3. Buat objek yang akan kita gunakan nantinya, yaitu sebuah bola dan 6 buah dadu.
Kemudian, save objeknya, lalu klik file, dan pilih eksport. Setelah itu pilih objek yang dibuat tadi ingin dirubah jadi format berakhiran apa. disitu pilih format berakhiran mesh.
Nantinya objek yang dibuat akan berakhiran mesh.
atau dapat di download disini
4. instal Visual C++
5. install Ogre SDK nya
.
6. install Direct X SDK nya juga.
7. Setelah itu masukan objek yang berakhiran mesh yang dibuat tadi ke Ogre SDK yang kita install, biasanya di folder C dan cari folder Ogre SDK. Disitu pilih media dan pilih model dan tempatkan objek yang dibuat ke tempat itu.
8. Buka visual Studio 2008 > Create New Project > Visual C++ win32 console Application > beri nama project, gameKu.cpp > Click OK
9. Kemudian klik next.
10. Pada bagian Application type kita pilih Windows Application dan pada bagian Additional options kita pilih Empty project seperti yang tertunjuk pada gambar diatas.
11. Selanjutnya kita akan membuat item pada project yang telah kita buat sebelumnya, pada menu project > add new Item > C++ File (.cpp) > beri nama main > click Add maka tampilannya adalah sebagai berikut ini:
12. Akan muncul editor, tempat menulis script cpp,
Saya sudah menyediakan script filenya : silahkan download disini
13. Lakukan hal yang sama dengan langkah 11, disini dibuat Header File(.h)
Scriptnya dapat didownload disini
14.Copy folder Media dan folder bin pada OGRE SDK di default path installation tempat kita menginstal Ogre ke work directory tempat project kita berada,,
Bin folder terdiri dari folder Debug And Release.
15. Kemudian konfigurasikan path pada file resources.cfg pada folder debug dan resouces.cfg pada folder release,,ganti ../../.. Dengan path tempat default path installation kita.
16.Setelah konfigurasi diatas selesai, berikutnya lakukan konfigurasi pada properties project kita, pada jendela solution explorer di kanan atas, klik kanan nama project lalu pilih menu properties.
17.Beberapa konfigurasi yang perlu dilakukan antara lain :
Pada debug active :
Debugging : Working Directory = ..\bin\Debug
Linker : General : Output File = ..\bin\Debug\hello.exe
Linker : Input : Additional Dependencies += OgreMain_d.lib
Linker : Input : Additional Dependencies += OIS_d.lib
Linker : General : Additional Library Directories = $(OGRE_HOME)\lib
C/C++ : General : Additional Include Directories = ..\include;$(OGRE_HOME)\include;$(OGRE_HOME)\samples\include
Lakukan juga setting kan untuk folder Release, tetapi ganti OgreMain_d.lib dan OIS_d.lib diatas menjadi OGreMain.lib dan OIS.lib
18. Konfigurasi selesai dilakukan, kemudian coba running program (F5), maka akan muncul tampilan output seperti di samping ini.. Pilih Direct 3d9 Rendering Subsystem, maka hasil gambar berupa windows application akan keluar.
SELESAI DAN SELAMAT MENCOBA........................
0 komentar:
Posting Komentar