RSS
email

Pensil 3D dengan 3D MAX

Cara membuatnya :


  • Pertama kita akan mengatur ukuran terlebih dahulu. Kita akan menggunakan standar ukuran dalam centimeter. Caranya : klik menu Customize>Units Setup.




  • Klik pilihan Metric dan ubah kotak kombo menjadi pilihan Centimeters.





  • Klik tombol System Unit Setup.




  • Pilih Centimeters dan klik tombol OK.





  • Selanjutnya kita akan mulai membuat objek dasar pensilnya. Kita akan menggunakan objek dasar berupa objek Cylinder. Klik tab Create>Geometry>Standard Primitives>Cylinder.




  • Buat objek di viewport Left (seperti tampak pada gambar).





  • Buka tab Modify.




  • Atur parameter seperti gambar dibawah.





  • Hasilnya akan tampak pada gambar berikut.




  • Dekatkan mouse Anda ke tulisan Perspective di viewport Perspective dan klik kanan, lalu klik opsi Edged Faces.





  • Anda akan mendapati objek tampak memiliki garis-garis pembentuk yang akan memudahkan kita dalam melakukan pengeditan selanjutnya.




  • Klik kanan tulisan Cylinder seperti petunjuk gambar dibawah dan klik pilihan Editable Poly.





  • Maka tulisan Cylinder akan berubah menjadi tulisan Editable Poly. Buka tanda plus disebelah tulisan Editable Poly. Klik pilihan Vertex.




  • Pilih Vertex-vertex seperti tampak pada gambar dibawah.





  • Klik tombol Collapse. Fitur ini berfungsi untuk menyatukan vertex-vertex yang kita pilih.




  • Lalu klik pilihan Edge seperti gambar dibawah.





  • Pilih edge seperti gambar dibawah.




  • Klik tombol Connect. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan (connect) garis baru yang ingin kita tambahkan pada objek 3D kita.





  • Hasilnya kita akan punya penambahan sebuah garis baru, seperti tampak pada gambar dibawah.




  • Selanjutnya klik pilihan Polygon.





  • Lalu kita pilih bagian sisi depan, seperti gambar dibawah.






  • Tekan tombol M dikeyboard untuk membuka Material Editor.





  • Pilih warna hitam pada kotak bertuliskan Diffuse disampingnya.




  • Lalu tekan tombol Assign Material to Selection seperti pada gambar. Kita dapat memberikan warna untuk bagian-bagian lain dari objek pensilnya.





  • Hasilnya tampak seperti pada gambar.



Hasil final utak-atik pensilnya kira-kira seperti gambar dibawah ini


Bookmark and Share

0 komentar:

0 comments

Pensil 3D dengan 3D MAX

Published on Selasa, 26 April 2011 in

Cara membuatnya :


  • Pertama kita akan mengatur ukuran terlebih dahulu. Kita akan menggunakan standar ukuran dalam centimeter. Caranya : klik menu Customize>Units Setup.




  • Klik pilihan Metric dan ubah kotak kombo menjadi pilihan Centimeters.





  • Klik tombol System Unit Setup.




  • Pilih Centimeters dan klik tombol OK.





  • Selanjutnya kita akan mulai membuat objek dasar pensilnya. Kita akan menggunakan objek dasar berupa objek Cylinder. Klik tab Create>Geometry>Standard Primitives>Cylinder.




  • Buat objek di viewport Left (seperti tampak pada gambar).





  • Buka tab Modify.




  • Atur parameter seperti gambar dibawah.





  • Hasilnya akan tampak pada gambar berikut.




  • Dekatkan mouse Anda ke tulisan Perspective di viewport Perspective dan klik kanan, lalu klik opsi Edged Faces.





  • Anda akan mendapati objek tampak memiliki garis-garis pembentuk yang akan memudahkan kita dalam melakukan pengeditan selanjutnya.




  • Klik kanan tulisan Cylinder seperti petunjuk gambar dibawah dan klik pilihan Editable Poly.





  • Maka tulisan Cylinder akan berubah menjadi tulisan Editable Poly. Buka tanda plus disebelah tulisan Editable Poly. Klik pilihan Vertex.




  • Pilih Vertex-vertex seperti tampak pada gambar dibawah.





  • Klik tombol Collapse. Fitur ini berfungsi untuk menyatukan vertex-vertex yang kita pilih.




  • Lalu klik pilihan Edge seperti gambar dibawah.





  • Pilih edge seperti gambar dibawah.




  • Klik tombol Connect. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan (connect) garis baru yang ingin kita tambahkan pada objek 3D kita.





  • Hasilnya kita akan punya penambahan sebuah garis baru, seperti tampak pada gambar dibawah.




  • Selanjutnya klik pilihan Polygon.





  • Lalu kita pilih bagian sisi depan, seperti gambar dibawah.






  • Tekan tombol M dikeyboard untuk membuka Material Editor.





  • Pilih warna hitam pada kotak bertuliskan Diffuse disampingnya.




  • Lalu tekan tombol Assign Material to Selection seperti pada gambar. Kita dapat memberikan warna untuk bagian-bagian lain dari objek pensilnya.





  • Hasilnya tampak seperti pada gambar.



Hasil final utak-atik pensilnya kira-kira seperti gambar dibawah ini

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Pensil 3D dengan 3D MAX"

 
offsetWidth); }