RSS
email

Games Catur 5x5

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
Nama Kelompok :
Alfian saputra
Ariel Ph
Ashadi Ramothy
Abima Rahmat
Agung Priono
Dini Fitriyanti

Konsep Umum

Penulisan ini bertujuan untuk membuat game sederhana yang bernama “catur 5x5”. Permainan ini adalah suatu permainan yang mengharuskan user berfikir untuk mengalahkan komputer. Catur 5x5 mengharuskan pemain menghabiskan semua bidak catur musuh yang terdapat di dalam papan catur 5x5.

Algoritma yang dipakai dalam pemodelan ini adalah algoritma brute Force. Brute force adalah sebuah pendekatan yang lempang (straightforward) untuk memecahkan suatu masalah, biasanya didasarkan pada pernyataan masalah (problem statement) dan definisi konsep yang dilibatkan.

Algoritma brute force memecahkan masalah dengan sangat sederhana, langsung dan dengan cara yang jelas (obvious way).

Warna bidak putih adalah karakter yang dimainkan oleh pemain dalam permainan ini. Pemain akan menaruh bidak putih pada tempat yang sudah dibuat. Pemain harus berjalan sesuai dengan bidak catur yang sudah ditentukan.

Penyelesaian :
1. Identifikasi ruang keadaan
Permasalahan ini dapat dilambangkan dengan (jumlah tempat 25 kotak atau ukuran 5X5.
1 player, dan 1 musuh).

2. Keadaan awal & tujuan
Keadaan Awal = Bidak catur menempati posisi awal
Keadaan Tujuan = Memakan bidak lawan sampai habis jika memungkinkan.

Aturan Games

- Pada saat permaianan dimulai,pemain adalah bidak warna putih dan lawan / komputer adalah bidak warna hitam
- Setiap bidak jalan berjalan sesuai aturan – aturan yang telah kita tahu.
- Permainan ini terdiri dari 5 buah pion,1 benteng,1 kuda,1 peluncur,satu ratu dan 1 raja
- Pion berjalan dengan melangkah ke depan,benteng berjalan kearah vertical atau horizontal,kuda berjalan dengan pola huruf L,ratu berjalan bebas ke sagala arah dengan langkah tidak dibatasi, serta yang terakhir adalah dengan cara ke segala arah dengan melangkah satu persatu,lain hanya seperti ratu.
- Permainan selesai jika salah satu pemain menghabiskan bidak lawannya,baik player ataupun computer,serta jika sudah tidak ada jalan lagi atau draw.

Konsep Games

Konsep permainan yang diterapkan dalam permainan ini adalah, pemain harus menghabiskan semua bidak lawan. Selain itu pemain juga akan menghadapi sebuah musuh untuk menyulitkan dalam menghabiskan semua bidak lawan.

Permainan akan selesai jika salah satu pemain bisa menghabiskan semua bidak lawan,ataupun permainan juga selesai jika terjadi draw. Draw disini maksudnya adalah salah satu bidak lawan tidak dapat bejalan kearah manapun. Pemain dapat mengisi tempat dengan menggunakan mouse. Gerakan pemain dibatasi dengan aturan-aturan tertentu.

Disini musuh dibekali kecerdasan berupa dapat membaca posisi dari tempat yang sudah diisi oleh pemain. Musuh juga bisa mengetahui pergerakan lawan dan tujuan dari pemain akan bergerak kemana. Di sini juga musuh dapat menyulitkan lawan sehingga permainan bisa mendapatkan hasil draw.

Tampilan Output Game
Tampilan kedua yaitu tampilan utama pada program ini yang berisi sebuah gambar bidak yang jumlahnya 20. 10 bidak yang berwarna putih untuk player dan 10 lagi yang berwarna hitam untuk komputer.Bentuk dari tampilan kedua seperti gambar dibawah ini :




Bookmark and Share

1 komentar:

ajib trimannula mengatakan...

selamat siang mas saya mau nanya,tentang penjelasan algoritma yg dipakai

1 comments

Games Catur 5x5

Published on Kamis, 26 Mei 2011 in

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
Nama Kelompok :
Alfian saputra
Ariel Ph
Ashadi Ramothy
Abima Rahmat
Agung Priono
Dini Fitriyanti

Konsep Umum

Penulisan ini bertujuan untuk membuat game sederhana yang bernama “catur 5x5”. Permainan ini adalah suatu permainan yang mengharuskan user berfikir untuk mengalahkan komputer. Catur 5x5 mengharuskan pemain menghabiskan semua bidak catur musuh yang terdapat di dalam papan catur 5x5.

Algoritma yang dipakai dalam pemodelan ini adalah algoritma brute Force. Brute force adalah sebuah pendekatan yang lempang (straightforward) untuk memecahkan suatu masalah, biasanya didasarkan pada pernyataan masalah (problem statement) dan definisi konsep yang dilibatkan.

Algoritma brute force memecahkan masalah dengan sangat sederhana, langsung dan dengan cara yang jelas (obvious way).

Warna bidak putih adalah karakter yang dimainkan oleh pemain dalam permainan ini. Pemain akan menaruh bidak putih pada tempat yang sudah dibuat. Pemain harus berjalan sesuai dengan bidak catur yang sudah ditentukan.

Penyelesaian :
1. Identifikasi ruang keadaan
Permasalahan ini dapat dilambangkan dengan (jumlah tempat 25 kotak atau ukuran 5X5.
1 player, dan 1 musuh).

2. Keadaan awal & tujuan
Keadaan Awal = Bidak catur menempati posisi awal
Keadaan Tujuan = Memakan bidak lawan sampai habis jika memungkinkan.

Aturan Games

- Pada saat permaianan dimulai,pemain adalah bidak warna putih dan lawan / komputer adalah bidak warna hitam
- Setiap bidak jalan berjalan sesuai aturan – aturan yang telah kita tahu.
- Permainan ini terdiri dari 5 buah pion,1 benteng,1 kuda,1 peluncur,satu ratu dan 1 raja
- Pion berjalan dengan melangkah ke depan,benteng berjalan kearah vertical atau horizontal,kuda berjalan dengan pola huruf L,ratu berjalan bebas ke sagala arah dengan langkah tidak dibatasi, serta yang terakhir adalah dengan cara ke segala arah dengan melangkah satu persatu,lain hanya seperti ratu.
- Permainan selesai jika salah satu pemain menghabiskan bidak lawannya,baik player ataupun computer,serta jika sudah tidak ada jalan lagi atau draw.

Konsep Games

Konsep permainan yang diterapkan dalam permainan ini adalah, pemain harus menghabiskan semua bidak lawan. Selain itu pemain juga akan menghadapi sebuah musuh untuk menyulitkan dalam menghabiskan semua bidak lawan.

Permainan akan selesai jika salah satu pemain bisa menghabiskan semua bidak lawan,ataupun permainan juga selesai jika terjadi draw. Draw disini maksudnya adalah salah satu bidak lawan tidak dapat bejalan kearah manapun. Pemain dapat mengisi tempat dengan menggunakan mouse. Gerakan pemain dibatasi dengan aturan-aturan tertentu.

Disini musuh dibekali kecerdasan berupa dapat membaca posisi dari tempat yang sudah diisi oleh pemain. Musuh juga bisa mengetahui pergerakan lawan dan tujuan dari pemain akan bergerak kemana. Di sini juga musuh dapat menyulitkan lawan sehingga permainan bisa mendapatkan hasil draw.

Tampilan Output Game
Tampilan kedua yaitu tampilan utama pada program ini yang berisi sebuah gambar bidak yang jumlahnya 20. 10 bidak yang berwarna putih untuk player dan 10 lagi yang berwarna hitam untuk komputer.Bentuk dari tampilan kedua seperti gambar dibawah ini :



Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

1 Response to Games Catur 5x5

11 Juli 2015 23.15

selamat siang mas saya mau nanya,tentang penjelasan algoritma yg dipakai

 
offsetWidth); }